DKM Babussalam Gelar PHBI Maulid Nabi Muhammad Saw “Meningkatkan Kualitas Diri Menuju Ridho Ilahi”

K.H Raden Zainal Arifin

hariandetiknews.com – Bantarjati, Klapanunggal, Kabupaten Bogor DKM Babussalam menyelenggarakan Maulid Nabi Muhammad saw. Acara ini diisi tausiah dengan tema “ Meningkatkan Kualitas Diri Menuju Ridho Ilahi ” oleh K.H. R. Zainal Arifin.

Masjid Babussalam dipenuhi Ratusan jamaah dengan antusias ikuti acara Maulid Nabi Muhamad SAW 1446H/2024 yang diselenggarakan oleh DKM BABUSSALAM dan Warga RT/ RW, 003/02 Yang ada di Desa Bantarjati Kecamatan Klapanunggal Kabupaten Bogor, Minggu Malam 07/09/2024.

Selepas sholat isya acara dimulai dengan hadiah puji, pembacaan Maulid Adiba’i dipimpin oleh Ustadz Hasan (Pimpinan majlis ta’lim Nurul Falah).

Pembacaan ayat suci Al-Quran (Qori) sendiri lantunkan oleh M. Tomi Hasan Sajeli dari Bogor.

K.H Raden Zainal Arifin dalam tausiyahnya, pentingnya keberadaan ulama di setiap wilayah.

“Seorang ulama, yang manfaatnya dirasa oleh banyak orang. Bayangkan saja berapa banyak orang yang akhirnya bisa beribadah dgn baik karena tuntunan si ulama tersebut. Ini juga yang telah dijelaskan oleh Nabi saw dalam haditsnya:
وَفَضْلُ الْعَالِمِ عَلَى الْعَابِدِ كَفَضْلِ الْقَمَرِ عَلَى سَائِرِ الْكَوَاكِبِ إِنَّ الْعُلَمَاءَ وَرَثَةُ الْأَنْبِيَاءِ إِنَّ الْأَنْبِيَاءَ لَمْ يُوَرِّثُوا دِينَارًا وَلَا دِرْهَمًا إِنَّمَا وَرَّثُوا الْعِلْمَ

“Keutamaan orang berilmu dibanding orang yang beribadah itu seperti keutamaan bulan malam purnama diatas bintang-bintang. Dan ulama ialah ahli para waris Nabi. Sesungguhnya para nabi tidak mewarisi dinar dan dirham akan tetapi mewarisi ilmu” (HR Ibnu Majah, Tirmidzi dan Abu Daud).

Orang alim seperi bulan, orang yang ahli ibadah hanya seperti bintang yang sinarnya tidak cukup menerangi semesta bumi. Berbeda dengan seorang alim yang Nabi saw gambarkan layaknya bulan purnama yang menyinari seluruh isi bumi.

Saat pembacaan Maulid Adiba’i

Pada sambutannya, Ustaz Andi Jarnuji, selaku perwakilan DKM Babussalam. Beliau berharap adanya acara maulid dengan tema, “Meningkatkan Kualitas Diri Menuju Ridho Ilahi ”, dapat menjadi solusi dalam meningkatkan ibadah. “Dari maulid ini, kita ambil contoh bagaimana Baginda Nabi Muhammad Saw, ketaatan kepada Allah SWT untuk beribadah serta bagaimana menjadi muslimin muslimat yang benar menurut sirah Nabawiyah, sehingga kita mempunyai teladan yang baik,” terang beliau.

Ketua panitia, Agus, menyampaikan bahwa kegiatan maulid ini merupakan agenda rutinan yang selalu diadakan DKM Babussalam tiap tahunnya.

“Maulid yang kami adakan ini merupakan kegiatan rutin yang biasa diadakan tiap tahun”, ucap Agus.

“Kami ucapkan terimakasih banyak atas kehadiran jamaah dalam acara PHBI Maulid Nabi Muhammad Saw 1446 H pada malam hari ini dan mohon maaf atas segala kekurangannya serta beribu ribu terima kasih kepada segenap para panitia dan para donatur donatur yang telah membantu terlaksananya acara PHBI Maulid nabi SAW tahun ini”, tutup Agus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 325x300