Penyuluhan Hukum oleh Peradi DPC Cibinong Kabupaten Bogor di SMP Yasdiq

Siswa siswi SMP Yasdiq saat mendapatkan penyuluhan hukum

hariandetiknews.com – Citeureup, Bogor – Kali ini SMP Yasdiq beralamat di Jl. Raya Mayor Oking Jaya Atmaja No.Rt 02/05, Puspanegara, Kec. Citeureup, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16810 yang mendapatkan penyuluhan hukum dari PERADI DPC Cibinong Kabupaten Bogor. Senin, 01/04/2024.

Ketua Peradi DPC Cibinong Kabupaten Bogor, Oteu Hardiansyah, S.H mengatakan, dalam rangka melanjutkan program Peradi Goes to School Hari ini mengadakan kegiatan penyuluhan hukum di berbagai sekolah, dan hari ini bertempat di SMP Yasdiq.

“Hari ini kami melakukan penyuluhan hukum di SMP Yasdiq masih berkaitan dengan Bullying dan Kekerasan Seksual lebih diprioritaskan karena maraknya “bullying” dan kekerasan seksual akhir-akhir ini”, ujar Oteu.

Perlu diketahui bahwa organisasi advokat yang merupakan salah satu penegak hukum, di mana dalam menjalankan profesinya sering melakukan pendampingan korban maupun anak yang berhadapan dengan hukum.

Pemateri pertama di sampaikan oleh Advokat Andi Agustinawati, S.H, lebih kepada membangun karakter kepribadian kearah perilaku positif.

“Karakter adalah sifat yang di bawa oleh tiap individu, yang setiap orang memiliki karakter masing-masing. Pengertian karakter lebih mengarah pada moral dan budi pekerti seseorang, tentunya yang bersifat positf”, papar Bu Andi sapaan akrabnya.

Ditempat yang sama Advokat Amce Silalahi, S.H., menjelaskan bahayanya penyalahgunaan medsos yang berujung pidana. ” Karena kepandaian di bidang pendidikan saja belum cukup tanpa bekal moral dan karakter yang kuat. Agar siswa siswi tidak terjadi penyalahgunaan medaos yang setiap siswa rata rata mempunyai Handphone. Seperti kita lihat sekarang ini, dimana anak anak pandai malah menyalahgunakan kepandaiannya untuk melakukan tindak pidana berawal dari handphone “, tutur Amce.

Ratih Puspita Oktavia, S.H., pemateri selanjutnya fokus kepada secara pendekatan kepada para siswa siswi dengan cara menghibur, serta mendengarkan curhatan para siswa dengan permasalahan masing-masing.

Dengan mendengarkan cerita versi mereka, untuk membantu mereka dengan memahami alasan di balik perilaku bullying mereka seperti apakah mereka punya masalah di rumah, kurangnya perhatian. Empati dan kasih sayang dengan membagikan perasaan kepada anak atau siswa sangat penting “, ucap Ratih.

Penyuluhan Hukum Peradi Goes to School kali ini PERADI DPC Cibinong Kabupaten Bogor mengutus empat orang Advokat. Andi Augustina, S.H., Amce Silalahi, S.H., Ratih Puspita Octavia, S.H., Tri Aji, S.H.

(Ade Cantika)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 325x300